Apa Saja Persyaratan Umum Kerja di Kapal Pesiar?

tunaiku part of Bank Amar

Banyak orang yang sangat menginginkan sebuah pekerjaan di kapal pesiar. Ada banyak alasan di balik itu, mulai gaji yang besar, bergengsi dan masih banyak lagi. Namun, agar kamu bisa bekerja di sebuah kapal pesiar untuk luar negeri, maka tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa persyaratan kerja di kapal pesiar yang harus terpenuhi. Akan tetapi, untuk kamu yang berminat untuk bekerja dalam sebuah kapal pesiar, maka persiapkan juga diri kamu untuk bekerja sekitar 9 hingga 12 jam per hari. Kamu pun akan terpisah dari keluarga serta orang yang kamu sayangi selama 6 hingga 8 bulan. Jika kamu mampu, maka silahkan penuhi beberapa persyaratan kerja di kapal pesiar berikut ini.

  1. Minimal Usia Persyaratan Kerja di Kapal Pesiar

Untuk crew pemula atau yang baru pertama kali melamar pekerjaan dalam kapal pesiar, maka batasan umur minimal adalah 21 tahun. Namun dari masing masing kapal pesiar juga memiliki batasan umur berbeda. Ada yang memperbolehkan seseorang untuk bekerja menjadi crew saat berusia 19 tahun. Peraturan usia minimal 21 tahun ini dibuat atas dasar peraturan minum alkohol di Amerika adalah 21 tahun.

  1. Mempersiapkan Beberapa Dokumen

Persyaratan kerja di kapal pesiar selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan beberapa dokumen penting seperti:

  • Kontrak kerja: Yang dikeluarkan perusahaan lewat agen pada negara dan dalam hal ini Indonesia. Jika setuju tentang isi dari kontrak, maka bisa ditandatangani dan diserahkan kembali pada pihak kapal pesiar.
  • Basic Safety Training [BST]: Syarat yang kedua adalah wajib mengikuti training dan lulus mengenai dasar dasar keselamatan seperti mencegah dan menanggulangi kebakaran, pertolongan pertama untuk diri sendiri dan sebagainya dimana sertifikat ini akan berlaku sampai 5 tahun dan bisa diperpanjang untuk tahun berikutnya.
  • Passport: Persyaratan kerja di kapal pesiar berikutnya adalah memiliki passport yang merupakan syarat mutlak setidaknya masih berlaku selama¬† 1 tahun saat akan berangkat. Passport ini juga sudah termasuk visa yang nantinya bisa diurus oleh pihak kapal pesiar.
  • Seaman book: Ini merupakan buku pelaut dari Departemen Perhubungan dalam negeri dan diperlukan juga Panama Seaman Book yang bisa diurus saat sudah bekerja di kapal pesiar dengan biaya yang ditanggung masing masing pekerja.
  • Medical certificate: Wajib untuk mengikuti dan dinyatakan lulus medical atau test kesehatan setiap 2 tahun sekali yang merupakan peraturan internasional. Medical certificate ini umumnya harus ditulis dalam bahasa Inggris yang diberikan pihak klinik atau rumah sakit.
  1. Menguasai Bahasa

Berkaitan dengan pekerjaan di kapal pesiar yang akan sering berlayar ke luar negeri, maka syarat berikutnya untuk bekerja di kapal pesiar adalah harus menguasai bahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Jika kamu menguasai beberapa bahasa asing lain seperti Perancis, Italia, Spanyol, Belanda dan sebagainya, maka ini bisa dijadikan nilai tambah untuk kamu.

  1. Pendidikan dan Pengalaman

Persyaratan kerja di kapal pesiar selanjutnya adalah sudah menyelsaikan Sekolah Menengah Umum [SMU] dan sudah memiliki pengalaman kerja setidaknya 2 tahun dalam posisi serupa. Akan tetapi, saat ini sudah banyak agen yang membuka kursu atau sekolah khusus mengenai kapal pesiar yang bisa memberikan berbagai tenaga kerja profesional siap untuk bekerja.

  1. Surat Keterangan

Banyak perusahaan kapal pesiar yang juga mewajibkan para pelamar menyertakan surat bukti kelakuan baik. Terutama yang dikeluarkan secara resmi dari kepolisian atau instansi pemerintah negara. Ini dilakukan sebab perusahaan pelayaran menginginkan para crew yang tidak cacat hukum atau memiliki proses pidana sebelumnya. Surat ini akan diberikan lengkap dengan sidik jari, pemeriksaan riwayat kriminal dan juga sertifikat warna negara yang baik.

 

Demikian beberapa persyaratan kerja di kapal pesiar secara garis besar disamping beberapa persyaratan lain yang mungkin akan berbeda beda dari setiap kapal pesiar tempat anda melamar, semoga bisa bermanfaat khususnya untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan di sebuah kapal pesiar.

(foto: ozcruising.com.au)

Post Author: Ameria T