Apa Sih yang Dicari dari Fresh Graduate?

tunaiku part of Bank Amar

Sebagai lulusan fresh graduate, kamu harus pandai bersaing untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Sebenarnya, apa sih yang dicari dari fresh graduate? Perusahaan biasanya mencari karyawan yang berkompetensi, terlebih yang berpengalaman. Bagaimana jika belum berpengalaman? Untuk mengatasinya, berikut contoh CV fresh graduate untukmu agar meyakinkan tim HRD.

Kelebihan yang Harus Dimiliki oleh Fresh Graduate

Kompetensi diri yang unggul sangat penting untuk dimiliki setiap individu demi memenangkan persaingan kerja. Bagaimanapun, kompetensi ini adalah hal yang dicari oleh setiap perusahaan. Karyawan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan tentunya mampu memahami pekerjaan dan bisa berprestasi.

Di samping mempunyai kapasitas diri yang baik, pengalaman kerja sangat penting karena dapat digunakan sebagai ukuran prestasi oleh tim HRD ketika seleksi. Tetapi, tentu banyak fresh graduate belum berpengalaman. Untuk itu, apa yang perlu ditonjolkan oleh seorang fresh graduate agar mampu memenuhi harapan perusahaan?

Ketika melamar suatu pekerjaan, kamu harus memenuhi seluruh persyaratan dan daftarlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Lakukan setiap tahap dengan baik dan tuntas. Pada umumnya tahap dalam perekrutan adalah tes seleksi administrasi dan wawancara. Apabila ada tes akademik, berusahalah untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Dalam tes administrasi, CV adalah hal yang sangat penting. Data mengenai kompetensi diri tertulis di dalamnya, meliputi riwayat pendidikan, pencapaian prestasi, kemampuan, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman kerja. Ketika belum punya pengalaman kerja, seluruh poin lainnya tersebut harus ditonjolkan.

Contoh Curriculum Vitae (CV)

Rangkumlah potensi diri dalam bentuk CV yang menarik. Bagaimanakah susunan CV yang menarik? Pada bagian pertama, kamu harus melengkapi data diri sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Cantumkan nama, alamat, nomor kontak, serta email yang aktif digunakan. Tambahkan foto yang proporsional dan resmi.

Setelah melengkapi data diri, selanjutnya adalah menuliskan kualifikasi dan pendidikan yang terdiri dari riwayat pendidikan, prestasi diri, dan pengalaman berorganisasi atau bekerja jika ada. Riwayat pendidikan ini harus dituliskan secara kronologis dan dimulai dari pendidikan yang terakhir. Jangan lupa cantumkan jurusan dan IPK yang diraih.

Masih pada bagian kedua. Selanjutnya adalah menuliskan prestasi diri yang dijelaskan dengan kejuaraan yang pernah diraih. Cantumkan nama lomba, tahun, dan kejuaraannya. Untuk pengalaman berorganisasi, sebutkan nama organisasi, tahun, dan jabatan. Jika pernah mengikuti pelatihan atau sertifikasi, kamu bisa mencantumkan di bagian ini.

Bagian ketiga adalah pernyataan personal yang merupakan penjelasan singkat mengenai dirimu. Pastikan kamu memaparkan seluruh kompetensi dan kemampuan yang dimiliki, terutama yang berkaitan dengan posisi yang ditawarkan.

Ada tiga bagian dalam pernyataan personal ini, di antaranya adalah kepribadian diri yang menunjang pekerjaan, hal yang bisa dilakukan untuk kemajuan perusahaan (kekuatan, keahlian, dan prestasi kerja), dan tujuan karirmu ke depan. Pastikan bahwa ketiga poin ini dijelaskan secara ringkas, padat, dan jelas.

Setiap perusahaan tentunya merekrut karyawan yang berkompetensi. Kamu harus mampu menunjukkan kompetensi diri yang unggul, baik secara akademik maupun kemampuan. Hal tersebut adalah apa yang dicari dari fresh graduate. Contoh CV fresh graduate di atas sangat membantumu dalam memberitahukan potensi diri.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.