Berapa Gaji Debt Collector di Indonesia?

tunaiku part of Bank Amar

Secara bahasa, debt collector memang memiliki arti penagih hutang. Namun dalam istilah perbankan, debt collector adalah pihak ketiga dari bank atau leasing untuk menyelesaikan masalah keuangan. Gaji debt collector sendiri termasuk lumayan dan sesuai dengan standar gaji kolektor UMR daerah. Nah, berikut ini sedikit penjelasan tentang debt collector dan kisaran gajinya.

Tugas Debt Collector

Sebagaimana yang sudah disebut di atas, dalam perbankan debt collector bertugas sebagai pihak ketiga yang menyelesaikan masalah keuangan atau hutang piutang antara debitur dengan bank atau agen keuangan lainnya. Pekerjaan ini terbagi menjadi desk collector yang tugasnya mengingatkan secara berkala mulai dari bulan pertama hingga ketiga sejak jatuh tempo.

Sedangkan field collector langsung terjun ke lapangan untuk menagih piutang kepada debitur. Ada juga beberapa perusahaan yang menugaskan debt collector untuk menjalankan tugas keduanya sekaligus. Penagihan ini bisa dimulai melalui telepon, pesan singkat lalu setelah jatuh tempo lebih dari 3 bulan, para debt collector akan membuat janji dengan debitur untuk bertemu.

Sebenarnya bertugas menjadi debt collector tidak seseram yang beredar di masyarakat. Mekanismenya, pihak desk collector akan menghubungi debitur mulai dari bulan pertama hingga ketiga sejak jatuh tempo. Jika debitur tidak bisa dihubungi baru pihak field collector mencoba membuat janji untuk bertemu.

Seringkali kredit macet terlalu lama dan sulitnya debitur untuk dihubungi mengharuskan para field collector untuk mendatangi langsung lokasi rumah atau kantor dari pihak peminjam. Aturan ketat juga diberlakukan saat field collector menjalankan tugasnya, salah satunya larangan menagih dengan kekerasan.

Syarat Menjadi Debt Collector

Lowongan pekerjaan menjadi debt collector ini biasanya diperuntukkan untuk laki-laki dengan pendidikan minimal SMA atau SMK hingga sarjana hukum. Batasan usia pun biasanya dengan usia maksimal hingga 35 tahun. Kamu bisa mencoba mengajukan lamaran ini ke beberapa bank agen kredit atau leasing mobil dan sepeda motor.

Tak harus terjun ke lapangan menjadi field collector, kamu juga akan diberi pilihan menjadi call center atau desk collector jika posisi tersebut masih tersedia. Beberapa perusahaan mengharuskan petugas debt collector-nya bisa membuat laporan penagihan secara berkala.

Kisaran Gaji Sebagai Debt Collector

Pekerjaan debt collector ini sebenarnya cukup menjanjikan. Baik kamu bekerja langsung di bawah bank, sebagai petugas kredit mobil dan sepeda motor atau melalui agen sebagai pihak penyedia jasa. Saat ini, rata-rata gaji debt collector di Indonesia berkisar Rp 2.867.000 per bulannya.

Standar gaji debt collector beragam. Misalnya saja bekerja sebagai field collector di Bank Mandiri, gaji yang ditawarkan adalah Rp 3,5 juta. Sedangkan Federal International Finance (FIF) memberikan gaji Rp 2,5 juta untuk desk collector. PT Mandala Multifinance sebagai salah satu agen penyedia jasa menawarkan gaji berkisar Rp 4,1 juta per bulannya.

Bagaimana apa kamu tertarik untuk bekerja sebagai debt collector? Gaji debt collector yang ada di Indonesia terbilang lumayan bagi kamu yang seorang fresh graduate. Standar gaji kolektor dari pihak perusahaan juga sudah memenuhi UMR dan itu belum termasuk tunjangan-tunjangan harian lainnya yang biasa disiapkan pihak perusahaan.

 

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.