Berapa Rata-Rata Gaji Atlet di Indonesia?

tunaiku part of Bank Amar

Apakah kamu sedang berencana untuk menekuni bidang olahraga sebagai profesi utama? Nah, sebelumnya, kamu harus mengetahui berapa kisaran gaji atlet Indonesia. Kamu juga perlu mengetahui berapa kisaran gaji atlet pelatnas 2018. Apakah cukup menjanjikan? Nah, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Berapa Kisaran Gaji atau Uang Saku Atlet Indonesia?

Berdasarkan sebuah sumber, per bulan atlet mendapatkan gaji sebanyak Rp 7,5 juta di luar akomodasi. Sedangkan gaji untuk pelatih kepala sendiri sebanyak Rp 12 juta, serta Rp 10 juta untuk gaji pelatih biasa. Semua gaji tersebut belum termasuk akomodasi.

Sementara itu, gaji untuk pelatih asing relatif lebih banyak dibandingkan dengan pelatih lokal. Gaji yang dibayarkan untuk pelatih asing berkisar Rp 60 juta dan gaji tersebut sudah termasuk dengan akomodasi.

Apa Saja Komponennya?

Gaji yang didapatkan oleh atlet dipengaruhi oleh beberapa komponen yang menunjangnya. Pertama, jenis cabang olahraga yang ditekuni oleh seorang atlet. Kedua, brand atau nama besar yang dimiliki atlet tersebut. Ketiga, kontrak yang ditandatangani oleh si atlet tersebut. Keempat, tingkat perlombaan atau olimpiade yang diikuti.

Misalnya, jika kamu mengikuti perlombaan tingkat internasional, maka akan memperoleh gaji yang lebih banyak dibandingkan dengan perlombaan atau olimpiade tingkat nasional atau tingkat di bawahnya lagi. Jenis medali yang berhasil diperebutkan oleh atlet juga mempengaruhi gaji yang nantinya akan dia dapatkan.

Selain itu, cabang olahraga yang diambil juga sangat mempengaruhi besaran gaji yang diterima oleh para atlet. Tidak hanya itu, biasanya juga ada sponsor atau bonus yang bisa menambah jumlah gaji yang diperoleh oleh atlet.

Apakah Ada Sponsor atau Bonus untuk Atlet yang Juara?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu komponen yang menentukan besaran gaji para atlet adalah sponsor atau bonus. Sponsor atau bonus ini biasanya diprioritaskan untuk para atlet yang berhasil meraih prestasi di turnamen atau perlombaan tertentu.

Misalnya, jika ada atlet yang meraih medali emas untuk berbagai bidang olahraga tertentu maka akan mendapatkan bonus dan sponsor yang sebelumnya telah disepakati. Hal ini juga bergantung pada kontrak yang sebelumnya ditandatangani.

Nah, itu dia ulasan mengenai gaji atlet Indonesia yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui kisaran gaji atlet pelatnas 2018 tersebut, apakah kamu semakin mantap untuk meniti karir di bidang olahraga? Yang terpenting, persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa meraih prestasi setinggi mungkin.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.