Ini Dia 5 Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing

tunaiku part of Bank Amar

Telemarketing merupakan gabungan dari dua kata yakni tele yang berarti jauh. Apabila diartikan secara menyeluruh, telemarketing merupakan aktivitas dalam memasarkan sebuah produk atau jasa lewat saluran komunikasi jarak jauh. Sementara jenis produk yang dipasarkan berbentuk asuransi, kartu kredit, paket wisata, pinjaman, voucher hotel, kendaraan, jasa konstruksi dan sebagainya. Jadi, seperti apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing itu?

Tugas Utama Seorang Telemarketing

Tugas utama dari seorang telemarketing atau BDA adalah melakukan penjualan lewat telepon produk layanan. Mereka harus mempunyai motivasi tinggi, suka dengan pekerjaan yang berhubungan dengan penjualan. Mereka juga harus bisa bekerja di bawah tekanan, terbiasa dengan target dan juga bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

Menghubungi calon konsumen atau pelanggan

Telemarketing memiliki tugas untuk menghubungi calon konsumen atau pelanggan yang potensial. Semua dilakukan secara berkala lewat telepon. Mereka menawarkan produk atau jasa dan memberikan informasi sejelas mungkin pada konsumen agar tertarik membeli.

Melakukan penjualan dan juga menerima order

Tujuan dari berkomunikasi lewat telepon dengan konsumen adalah memberikan pengetahuan tentang produk dan jasa yang sedang ditawarkan. Sehingga, telemarketing bisa melakukan penjualan sekaligus menerima order atau permintaan yang sedang diajukan konsumen.

Mengumpulkan  informasi  berhubungan dengan produk atau jasa

Telemarketing juga harus mengumpulkan banyak informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan pada konsumen lewat telepon sehingga siap menghadapi setiap pertanyaan yang diajukan konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Ini bertujuan agar konsumen semakin mengerti tentang kegunaan atau fungsi dari barang dan jasa tersebut dan akhirnya tertarik untuk membeli.

Memberikan Motivasi Untuk Pelanggan

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing, mereka harus bisa memberikan motivasi dengan kata kata yang baik yang dilakukan agar konsumen bisa tertarik dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan sebab penjualan menjadi target utama dari pekerjaan telemarketing tersebut. Motivasi ini dilakukan supaya konsumen yang sudah jadi pelanggan bisa tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga harus dilakukan secara rutin.

Memberikan Kemudahan Pada Konsumen

Seorang telemarketing juga harus bisa memberikan segala kemudahan untuk para calon konsumen dan juga pelanggang dimana kemudahan kemudahan tersebut diberikan agar mereka jadi semakin tertarik untuk membeli produk atau memakai jasa yang sedang ditawarkan seorang telemarketing perusahaan tersebut.

Tugas Lain Telemarketing

Diantara beberapa tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang harus dilakukan telemarketing seperti:

  • Melakukan antisipasi terhadap masalah yang terjadi baik itu sebelum atau sesudah penjualan sehingga bisa dinetralisir
  • Memberikan dan juga menjelaskan tentang informasi sebuah produk atau jasa
  • Melakukan identifikasi mengenai semua kebutuhan dari pelanggan
  • Mengumplkan umpan balik, feedback atau jawaban yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

Tahap Membentuk Komunikasi Sukses Telemarketing

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan seorang telemarketing supaya komunikasi jarak jauh yang dilakukan dengan konsumen atau calon konsumen bisa berjalan dengan efektif, yakni:

  1. Identifikasi Target Pendengar

Komunikator pemasaran harus mempunyai ntarget pendengar yang cukup jelas, Audience bisa terdiri dari calon pembeli potensial dari produk perusahaan, pemakai produk, pengambil keputusan atau yang memberikan pengaruh. Telemarketing harus mengetahui karakteristik dari audience yang dikenal dengan istilah image analysis yakni menilai pandangan audience mengenai perusahaan, produk dan juga pesaing.

  1. Menentukan Tujuan Komunikasi

Respon yang diinginkan dari seorang telemarketing tentunya adalah kemauan konsumen untuk membeli barang atau jasa yang sedang ditawarkan, Teklemarketing harus mengetahui dengan baik tujuan dari komunikasi yang dilakukan sehingga akhirnya konsumen bisa tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan.

  1. Awareness

Apabila sebagian dari target konsumen belum sadar mengenai objek, jasa atau produk yang sedang ditawarkan, maka sudah menjadi tugas telemarketing untuk membangun kesadaran konsumen tersebut akan produk atau jasa.

  1. Knowledge

Sesudah konsumen sadar akan produk atau jasa yang ditawarkan, mungkin saja mereka belu mengetahui wawasan atau informasi yang luas mengenai jasa atau produk tersebut, sehingga telemarketing harus memberikan ifnromasi atau pengetahuan produk atau jasa pada konsumen secara jelas.

Post Author: gajianyuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.