Ini Gaji Rata-Rata Fresh Graduate untuk Bekal Nego Gaji

tunaiku part of Bank Amar

Kamu seorang fresh graduate dan sedang menyiapkan wawancara kerja? Salah satu pertanyaan yang biasa diajukan saat wawancara kerja adalah gaji fresh graduate 2018 yang kamu inginkan. Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu bisa cari tahu gaji rata-rata fresh graduate sebagai bahan untuk nego gaji dengan calon atasanmu! Berapa kisaran gajinya?

1. Petroleum Engineer

Bila kamu mendaftar sebagai petroleum engineer atau teknik minyak, harusnya bersyukur bila dipanggil untuk wawancara. Kenapa? Gaji yang bisa kamu terima di sini sangat besar bahkan untuk fresh graduate. Rata-rata, per bulan kamu bisa dapat gaji Rp 8 juta. Bila kamu kerja di perusahaan minyak internasional, gajinya malah bisa tiga kali lipat dari itu.

2. Teknologi Informasi

Bidang lain yang menawarkan gaji besar bahkan untuk seorang fresh graduate adalah teknologi informasi. Apalagi, peluang bekerja di bidang ini sangat besar mengingat banyaknya perusahaan startup yang menjamur akhir-akhir ini. Kisaran gaji yang bisa kamu dapat bila bekerja di bidang ini antara Rp 5 hingga 7 juta per bulannya.

3. Insinyur

Kamu lulusan insinyur? Kalau iya, kamu juga bisa dapat gaji yang tinggi bahkan saat pertama kali masuk bekerja. Gaji yang bisa kamu terima saat bekerja di bidang ini adalah antara Rp 5 hingga 8 juta. Terlebih, peluang kerja di bidang ini juga sangat besar. Kamu bisa kerja di perusahaan telekomunikasi, listrik bahkan hingga layanan penerbangan.

4. Guru

Meski guru sangat dibutuhkan, nyatanya gaji fresh graduate di bidang ini masih kecil dibanding bidang lain. Meskipun kamu adalah fresh graduate S2, rata-rata gaji yang kamu terima hanya Rp 3,5 juta saja perbulan. Untuk S1? Tentunya makin rendah. Kisaran gaji yang diterima lulusan S1 berada di angka Rp 2 juta saja per bulannya.

5. Jurnalis

Pekerjaan yang satu ini diharuskan memiliki dedikasi yang tinggi. Namun, nyatanya gaji yang diterima tidak sebesar dedikasi yang diberikan terlebih untuk seorang fresh graduate. Rata-rata, kamu hanya akan menerima maksimal Rp 3,5 juta per bulan. Padahal, menurut Aliansi Jurnalis Indonesia, gaji seharusnya yang diterima jurnalis pemula adalah Rp 7,53 juta.

Cukup beragam gaji fresh graduate 2018 yang ditawarkan di Indonesia. Gaji rata-rata tersebut disesuaikan dengan bidang keahlian yang kamu ambil. Tapi, asal kamu rajin, tekun, berdedikasi tinggi dan sabar, tak ayal kamu bisa mendapat kenaikan gaji. Ingat, usaha keras itu tak akan pernah mengkhianati.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.