Jangan Asal Kabur, Ini Alasan Resign yang Tepat

tunaiku part of Bank Amar

Kamu perlu resign mendadak untuk suatu keperluan? Kalau iya, kamu harus menuliskan alasan resign yang tepat pada surat pengunduran dirimu. Alasan resign mendadak ini harus kamu lakukan untuk tetap membuat citra baik dirimu di perusahaan tersebut. Selain itu, juga bisa memberikan waktu atasan untuk mencari pengganti posisimu. Apa saja alasannya?

1. Merencanakan Pengembangan Usaha Sendiri

Salah satu alasan mengapa kamu mengundurkan diri dari tempat bekerja yang bisa kamu cantumkan adalah untuk merencanakan pengembangan usaha sendiri. Ini adalah salah satu argumen paling ampuh untuk berhenti bekerja dari perusahaan. Alasan ini dianggap paling etis ketimbang kamu mengatakan ingin pindah ke tempat kerja yang lainnya.

2. Akan Melanjutkan Sekolah

Alasan lain yang bisa kamu masukkan dalam surat pengunduran diri adalah untuk melanjutkan sekolah. Hampir pasti alasan ini akan dikabulkan oleh perusahaan karena mereka tak akan menahan karyawan karena hal ini. Kenapa? Salah satunya adalah agar si karyawan bisa mengembangkan diri lebih baik dan bisa saja kembali kerja padanya nanti.

3. Kamu dan Keluarga Akan Pindah Rumah

Alasan lain yang bisa dimasukkan dalam surat pengunduran diri yang baik adalah kamu dan keluarga akan pindah rumah. Ini memang klasik. Namun alasan ini biasanya sangat diperhitungkan terlebih bila kantor Anda sangat jauh dengan rumah yang baru. Terlebih, bila tak ada akomodasi yang diberikan oleh pihak perusahaan itu sendiri.

4. Pindah Profesi yang Lebih Sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan

Kamu memiliki latar pendidikan sebagai seorang ahli IT tapi bekerja di pabrik pembuatan sepatu? Ini bisa dijadikan alasan yang tepat untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Pindah ke profesi yang lebih sesuai dengan latar belakang pendidikan juga akan jadi bahan pertimbangan yang kuat untuk bos kamu.

5. Mempunyai dan Akan Mengasuh Anak

Bagi perempuan, alasan akan memiliki dan berniat mengasuh anak sendiri juga bisa dimasukkan dalam surat pengunduran diri. Hal ini biasanya sangat dimaklumi oleh perusahaan. Bagaimanapun, memberikan waktu yang spesial untuk buah hati adalah hak setiap orang tua. Perusahaan tak berhak untuk melarang hal ini terjadi.

Jadi, alasan resign yang tepat yang mana yang akan kamu masukkan dalam surat pengunduran diri? Ingat, alasan resign mendadak harusnya tak kamu buat-buat. Dengan begitu, bila nantinya kamu harus kembali ke perusahaan tersebut lagi, kamu tak malu dan melakukannya. Kamu juga bisa tetap menjaga kontak dengan atasan dan rekan jadinya!

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.