Kenali Dulu Plus Minus Menjadi Karyawan Startup VS Korporasi Di Sini!

tunaiku part of Bank Amar

Saat memutuskan untuk merintis karir di sebuah bidang, maka kamu akan menghadapi berbagai jenis perusahaan baik dalam skala kecil serta pemula (startup) dan juga korporasi yang sudah memiliki nama besar serta mapan dalam segala bidang. Kedua jenis perusahaan ini tentunya juga memiliki banyak perbedaan seperti sistem kerja serta aturan yang sudah ditetapkan masing masing perusahaan. Untuk kamu yang masih bingung, simak dulu ulasan dari kami kali ini tentang plus minus bekerja menjadi karyawan startup vs korporasi supaya bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

Pengertian Perusahaan Startup dan Korporasi

Startup merupakan perusahaan pemula yang sedang dalam tahap perjalanan untuk membesarkan perusahaan. Sedangkan korporasi adalah sebuah perusahaan besar yang bisa dikatakan sudah mapan. Mereka mempunyai sistem serta aturan sendiri dalam menjalankan perusahaan. Sehingga, semua lebih terstruktur. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan saat harus memilih dari dua jenis perusahaan ini. Baik perusahaan startup ataupun korporasi sebenarnya memiliki kelebihan yang berbeda. Ini yang harus dipahami dengan baik supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan paling sesuai. Untuk itu, kenali lebih jauh apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan menjadi karyawan startup vs korporasi di bawah ini.

  1. Budaya Kerja

Budaya kerja menjadi salah satu hal penting yang harus kamu pahami sebelum mulai bekerja pada perusahaan. Sehingga kamu tidak sampai salah pada saat melakukan wawancara kerja.

  • Budaya Kerja Perusahaan Startup

Perusahaan startup mempunyai ruang kerja kecil yang hanya terdiri dari beberapa kelompok pekerja. Biasanya jumlah karyawan hanya sekitar 50 orang saja. Hal ini membuat lingkup perusahaan ini terasa lebih fleksibel dan lebih welcome meskipun kamu baru bekerja. Untuk urusan pakaian juga terbilang santai asalkan masih dalam batas kesopanan. Perusahaan startup tidak mengharuskan setiap karyawan untuk memakai jenis pakaian tertentu, apalagi untuk seragam yang terasa masih sangat kaku.

Startup umumnya diisi dengan banyak talenta muda fresh graduate sehingga cocok untuk kamu yang masih baru ingin melamar pekerjaan untuk pertama kalinya. Umumnya perusahaan startup juga memiliki struktur kantor yang terlihat unik sehingga membuat para karyawan bisa betah dan lebih meningkatkan kreativitas lebih baik seperti contohnya ruang main, ruang olahraga, ruang santai, pantry penuh kudapan lezat dan lain sebagainya.

Kekurangan dari startup terkadang bisa dinilai kurang baik khususnya bagi orang terdekat kamu sebab mereka sulit percaya jika kamu memang benar benar bekerja dalam perusahaan sebab gaya berpakaian yang terlihat santai sementara sebuah perusahaan yang diketahui selalu identik dengan seragam. Kekurang lainnya adalah lingkup kerja non formal seringkali membuat pekerjaan dibawa ke rumah atau bahkan lembur.

  • Budaya Kerja Perusahaan Korporasi

Perusahaan korporasi umumnya memiliki suasana perkantoran yang formal, fasilitas standar seperti resepsionis, loni, petugas keamanan, jam kerja pasti dan sebagainya. Semua hal ini membuat suasana kerja terlijat sangat kantoran karena semua sudah terjadwal dan sudah ditetapkan prosedur sejak awal. Dengan ini kamu harus terbiasa pada aturan ketat mengenai jam kantor, seragam, waktu cuti dan juga berbagai kebijaksanaan yang sudah ditetapkan perusahaan.

  1. Gaji

Gaji menjadi hal penting saat ingin melamar ke sebuah perusahaan karena juga menjadi penentu masa depan setiap karyawan. Sementara cukup atau tidaknya gaji tergantung dari bagaimana kita mengaturnya.

  • Gaji Startup

Bisa dibilang perusahaan startup akan memberikan gaji yang terbilang standar untuk setiap karyawan meski ada beberapa perusahaan yang juga bisa memberikan gaji seperti korporasi. Selain itu, untuk bonus pencapaian kerja juga kemungkinan besar tidak diberikan sebab startup merupakan jenis perusahan baru.

  • Gaji Korporasi

Sedangkan perusahaan korporasi yang sudah berpondasi kokoh termasuk soal keuangan tentunya memiliki kemampuan jauh lebih baik dalam urusan memenuhii gaji dan tunjangan bagi setiap karyawan termasuk juga dalam urusan bonus yang biasanya juga sudah masuk dalam program. Selain itu, perusahaan korporasi juga biasanya sudah menyiapkan dana pensium bagi karyawan untuk menjamin hari tua kamu.

Menjadi karyawan startup vs korporasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sehingga jika tujuan kamu adalah belajar serta menambah skill, maka startup menjadi pilihan terbaik. Sedangkan jika kamu ingin berkarir namun tetap bisa mendapatkan fasilitas pasti, maka korporasi menjadi jawaban terbaik untuk kamu pilih.

(foto: assets.entrepreneur.com)

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.