Makin Banyak Rekrutmen Online, Ini Tips Melamar Kerja Online

tunaiku part of Bank Amar

Sekarang ini, perekrutan karyawan via daring makin sering dilakukan mengingat sangat efisiennya hal tersebut. Kamu bisa menemukan berbagai info mengenai lowongan ini di jobstreet atau jobsid. Namun, bila kamu ingin melamar kerja secara daring, baiknya terapkan tips melamar kerja online ini agar tak tertipu dan lainnya!

 

1. Pastikan Media yang Digunakan adalah Media Terpercaya

Hal pertama yang harus kamu lakukan bila ingin melemar kerja secara daring adalah memastikan bahwa sumbernya adalah dari media yang terpercaya. Biasanya, media seperti ini memiliki kredibilitas yang bagus dan sudah terbukti seperti apa kualitasnya. Bisa juga dengan langsung mengunjungi laman dari perusahaan yang kamu tuju.

Berhati-hatilah pada media yang menayangkan iklan lowongan pekerjaan namun tidak memberikan informasi yang jelas mengenai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Bisa jadi informasi yang kamu dapatkan hanyalah info fiktif. Saat kamu menghubunginya, bisa jadi kamu ditipu dan malah dimintai dana untuk pelancar pekerjaan.

2. Cek dan Ricek

Setelah kamu memastikan bahwa media yang menayangkan lowongan pekerjaan tersebut adalah media yang terpecaya, selanjutnya lakukanlah cek dan ricek. Lihat apa saja posisi yang dibutuhkan dalam lowongan tersebut dan dari perusahaan mana. Pelajarilah profil perusahaan yang kamu inginkan serta syarat dan ketentuannya.

Pastikan kamu memenuhi semua kualifikasi yang tertera sebelum melamar di perusahaan yang kamu tuju. Misalnya saja membuat CV hardcopy dan lainnya. Pastikan juga kamu memiliki latar belakang, keahlian, minat dan pengalaman sesuai yang diminta perusahaan tersebut sehingga bisa diterima bekerja di sana.

3. Hati-Hati dengan Permintaan Bayaran

Biasanya, dalam proses melamar pekerjaan kamu tidak akan diminta uang. Bila kamu dimintai uang untuk proses seleksi lamaran atau training, maka jangan lanjutkan melamar pekerjaan di sana. Ini adalah bentuk penipuan halus yang dilakukan pihak penyedia layanan lowongan pekerjaan.

Misalnya pun itu adalah dari perusahaan terkenal dan kamu tetap ragu, laporkanlah. Bisa laporkan pada pihak perusahaan mengenai oknum-oknum yang meminta dana kepada kamu dan calon pekerja lain.

Itulah beberapa tips melamar kerja online yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari yang namanya penipuan. Bila kamu ingin aman, kenapa tidak coba cari kerja di jobstreet atau jobsid yang terpercaya? Meski peluang lebih kecil karena banyaknya pelamar, paling tidak kamu akan merasa lebih yakin dengan penyedia pekerjaan tersebut.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.