Pekerjaan Graphic Designer Makin Diminati, Ini Peluangnya!

tunaiku part of Bank Amar

Graphic designer atau desainer grafis merupakan pekerjaan yang menjanjikan karena sudah banyak pihak yang membutuhkan. Pekerjaan graphic designer ini dibutuhkan untuk membuat media periklanan, papan nama, aksesoris, dan sebagainya untuk menunjang kegiatan promosi. Tak sedikit desainer grafis Indonesia yang sudah sukses di bidangnya.

Pengertian Desainer Grafis dan Tugasnya

Desainer grafis merupakan suatu profesi yang terbilang asyik. Dalam pekerjaannya, desainer grafis bertanggung jawab untuk menghasilkan suatu karya grafis berdasarkan pesanan klien atau mitra. Para desainer grafis dituntut untuk berpikir kreatif demi menghasilkan ide dan konsep yang masih fresh.

Penggambaran suatu logo, foto, video iklan, ilustrasi, dan sebagainya, harus menarik dan mewakili suatu instansi atau produk. Desainer grafis juga harus menghasilkan penggambaran visual yang mewakili konten penting yang diinginkan oleh klien atau pemesan.

Jenis Pekerjaan Desainer Grafis

Perkembangan industri multimedia saat ini diimbangi dengan kecanggihan teknologi semakin memudahkan kegiatan promosi dan penyampaian informasi. Dalam hal ini, ketertarikan seseorang terhadap informasi bisa ditingkatkan dengan pembuatan karya grafis yang ciamik. Karenanya, banyak pihak jasa desain grafis yang menawarkan paket jasanya.

Saat ini, terdapat dua jenis pekerjaan desainer grafis yang dapat dipilih, yaitu in-house designer dan freelance designer. In-house designer bekerja full time di sebuah perusahaan dan terikat dengan kontrak, sedangkan freelance designer bekerja berbasis proyek dan tidak terikat kontrak di suatu perusahaan.

Plus Minus Jadi Desainer Grafis Freelance

Desainer grafis menjadi profesi yang semakin diminati karena sedang dibutuhkan jasanya pada masa modern ini. Mengenai pendapatan, kamu tidak usah khawatir karena setiap pesanan dihargai dengan imbalan yang pantas.

Di samping itu, lowongan desainer grafis freelance tentu bermunculan karena pilihan bekerja berbasis proyek lebih santai dibandingkan pekerjaan full time di instansi. Sisi keuntungan tersebut juga mendukung agar tidak jenuh, inspirasi lebih banyak muncul karena pekerjaan bisa dilakukan di mana pun, serta hanya terikat dengan deadline dan bukan jam kerja.

Selain keuntungan yang mengasyikkan tersebut, bekerja sebagai desainer grafis freelance ada kelemahannya. Pendapatan tidak pasti karena berbasis proyek, sehingga tidak tetap. Kedua, banyak tuntutan yang harus dipenuhi terkait dengan kemampuan untuk promosi, mencari proyek, public relations, administrasi, dan sebagainya.

Tokoh Graphic Designer Terkenal

Hingga saat ini, terdapat beberapa tokoh Indonesia yang ahli di bidang desain grafis dan sudah terkenal. Mereka adalah Henricus Kusbiantoro, Wahyu Aditya, dan Christiawan Lie. Ketiga desainer grafis asal Indonesia ini sukses di bidangnya dengan menyabet berbagai penghargaan dan bekerja secara profesional.

Sesungguhnya, pekerjaan graphic designer ini sangat menjanjikan dan menjadi kesempatan emas untukmu yang pandai di bidang ini. Kamu yang hobi desain grafis bisa bekerja sesuai hobinya. Kesuksesan desainer grafis Indonesia bisa memotivasi perjuanganmu untuk berkecimpung dalam dunia desain grafis.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.