PNS 2018, Ada Pembukaan Formasi Apa Saja?

tunaiku part of Bank Amar

Pendaftaran dan seleksi CPNS kembali dibuka pada tahun 2018. Mekanismenya sama dengan tahun lalu, namun terdapat pembukaan formasi baru pada penerimaan PNS 2018 ini. Penerimaan PNS kali ini menggunakan sistem yang terpadu dan memfokuskan penerimaan PNS untuk beberapa bidang pekerjaan tertentu.

Mekanisme Pelaksanaan Tes CPNS

Seperti pada tes sebelumnya, semua peserta CPNS 2018 harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan melewati seleksi administrasi. Pendaftaran dilakukan dengan pengisian formulir secara online dan mengunggah semua dokumen persyaratan yang diperlukan. Selanjutnya, semua berkas tersebut akan diseleksi.

Usai dilakukan seleksi administrasi, para peserta yang lolos akan diumumkan dan berhak mengikuti tes CPNS. Tes ini dilakukan secara serentak menggunakan sistem komputer atau CAT (Computer Assisted Test). Jadi, semua penyelenggara tes CPNS dikondisikan untuk melaksanakan tes secara online pada tahun 2018.

Tes yang dilakukan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu mencakup Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKD ini terdiri atas tiga kelompok soal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Intelegensia Umum (TIU). Semua peserta yang lolos SKD barulah mengikuti SKB.

Sistem seleksi SKD didasarkan pada peringkat nilai semua peserta. Setelah itu, semua peserta yang menduduki peringkat pertama sampai jumlah yang ditentukan dianggap lolos dan berhak mengikuti SKB yang disesuaikan dengan bidang yang diminati setiap peserta. Nantinya, peserta diurutkan berdasarkan nilai SKB hingga memenuhi kuota penerimaan PNS.

Formasi Penerimaan PNS

Pada tahun 2018 ini, terdapat pembukaan formasi baru untuk PNS. Formasi ini terkait kuota penerimaan PNS pada bidang tertentu dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang menyeluruh, termasuk wilayah 3T (tertinggal, terluar, terdalam). Formasi penerimaan tersebut memengaruhi kuota PNS yang diterima.

Penerimaan PNS tahun 2018 lebih ditekankan pada bidang tertentu untuk menduduki jabatan teknis dan spesialis. Rekrutmen PNS diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Tenaga pendukung lainnya seperti pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan pangan, dan ketahanan energi juga diutamakan.

Dengan penerapan formasi utama tersebut, jabatan-jabatan yang spesifik di bidang core business instansi ke arah pembangunan nasional akan tercapai. Sasaran nawacita akan tercapai dengan terisinya posisi tersebut, sehingga mampu meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional.

Info terbaru mengenai penerimaan PNS 2018 tersebut perlu kamu ketahui agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pahami pula passing grade dan kuota penerimaan dalam setiap bidang pekerjaan agar kamu bisa memetakan kemungkinan diterimanya. Dengan demikian, usaha persiapan akan lebih optimal karena ada gambarannya.

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.