Tak Perlu Takut dengan Pertanyaan Interview Berbahasa Inggris

tunaiku part of Bank Amar

Salah satu hal yang buat para pencari kerja minder ketika melakukan wawancara kerja adalah pertanyaan interview bahasa Inggris. Banyak yang tidak menguasainya sehingga menjadi batu sandungan dalam mencari pekerjaan. Sebenarnya, biasanya isi pertanyaan itu hanya perkenalan bahasa Inggris interview saja, kok! Coba tips ini ketika menghadapinya!

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Berbahasa Inggris

Oleh karena seringnya pelamar kerja gagal mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena ini, kamu harusnya juga tak masuk lubang yang sama, kan? Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah persiapkan dirimu secara matang. Setelah itu, cobalah tenang dan fokus ketika si penanya mulai bertanya tentang kamu.

Dengan tenang, setidaknya tata bahasa yang keluar lebih baik dan kamu juga punya peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Cobalah kuasai berbagai vocabulary tentang wawancara kerja bila kamu memang kurang mahir berbahasa Inggris. Setidaknya ini akan membantumu melewati wawancara tersebut dengan lancar.

Biasanya, pertanyaan wawancara dalam bahasa Inggris hanya seputar pekerjaan saja seperti kelebihan dan kekurangan kamu, pengalaman hidup dan kerja kamu dan lain sebagainya. Jadi, tak ada salahnya mencoba fokus dalam pertanyaan seputar hal tersebut.

Contoh Pertanyaan Wawancara dalam Bahasa Inggris

Masih bingung? Kalau begitu, mungkin kamu perlu contoh pertanyaan wawancara kerja berbahasa Inggris. Biasanya, pertanyaan pertama yang dikeluarkan adalah ‘Please, introduce yourself briefly’ yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, si pewawancara menyuruh kamu untuk memperkenalkan diri.

Maka, jawablah dengan apa adanya kamu. Siapa namamu, berapa usia, tinggal di mana dan lulusan apa. Itu sudah lebih dari cukup. Contoh pertanyaan lain, misalnya ‘What department do you apply and why are you interested in it?’ yang kalau diartikan mengarah pada posisi yang kamu incar di perusahaan tersebut dan kenapa memilihnya.

Tinggal jawab saja yang sebenarnya. Misalnya karena kamu suka dengan posisi tersebut dan punya keahlian di bidang tersebut lebih besar daripada keahlianmu di bidang lainnya. Contoh lain,  ‘Why did you leave your previous job?’ atau kenapa kamu meninggalkan pekerjaan sebelumnya. Tinggal jawab saja dengan jujur tanpa perlu berbohong dan berikan alasannya.

Sudah mengerti kan sekarang? Jadi, tak usah takut gagal menghadapi pertanyaan interview bahasa Inggris. Pada dasarnya, interview bahasa Inggris ini hanya berisi perkenalan bahasa Inggris interview layaknya wawancara berbahasa Indonesia saja, kok! Jadi, cobalah lebih kuasai bahasa Inggris di bidang itu kalau belum bisa semuanya. Selamat berusaha, ya!

Post Author: Ameria T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.